Kartu Identitas dan Microchip Identifikasi Hewan Jakarta

Microchip Identification dan Kartu identitas untuk hewan Jakarta.



[Photo Source: instagram.com/JakartaAnimalAidNetwork]


Baru-baru ini media berita Indonesia khususnya untuk wilayah Jakarta sedang diramaikan dengan berita "KTP Anjing" dan berita tersebut langsung menuai polemik pro dan kontra dari masyarakat, banyak yang beranggapan itu adalah hal yang tidak penting yang seharusnya tidak dilakukan pemda Jakarta era sekarang, namun banyak juga yang tidak tau bahwa program ini sebetulnya sudah disosialisasikan pada era pemda Jakarta sebelumnya. 

Dan sangat sungguh disayangkan sekali, banyak media berita yang memberi judul dengan sangat rancu "KTP Anjing" dari judulnya saja sudah pasti mengundang prespektif negative dari para pembaca yang notabene masyarakat suka menilai langsung dari judul berita sebelum membaca isinya lebih lanjut, padahal program ini bukan hanya memberikan kartu indentias untuk para anjing yang ada di Jakarta tapi juga memberi microchip identification.

Apa itu microchip identification yang dimaksud? Microchip identification adalah alat yang berukuran kecil yang ditaro didalam tubuh untuk memantau aktivitas setiap pengguna. Jadi gunanya untuk melacak anjing hilang yang kabur dari pemiliknya dan membuat pemilik lebih beratanggung jawab lagi tidak sembarangan untuk membuang hewan peliharaannya begitu saja, karena sistem microchip ini terkomputerisasi pada hewan peliharaan dan datanya pun secara langsung akan diinput kedalam sistem komputer pemda DKI Jakarta dan data tersebut akan diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Dan setelah pemda DKI Jakarta memfokuskan Microchip Identification pada kuda, baru-baru ini lebih tepatnya pada tanggal 6-Oktober-2018 yang bertepatan dengan Peringatan Hari Rabies Sedunia, pemda Jakarta lebih mengsosialisasikan progam Microchip Identification kepada anjing dan bekerja sama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) agar diterapkan juga oleh para pemilik hewan yang ada diJakarta, nah jika kalian mungkin tertarik dengan program ini dan ingin menerapkan kepada hewan peliharaan kesayangan anda. Anda dapat mencari informasinya lebih lanjut di Puskewan pemda Jakarta terdekat ditempat anda.


         


Comments